Contoh MATERI KEGIATAN PERKEMAHAN SABTU MALAM MINGGU (PERSAMI) Pramuka I Wide Game
MATERI KEGIATAN PERKEMAHAN SABTU MALAM
MINGGU (PERSAMI)
DALAM RANGKA HARI ULANG TAHUN PRAMUKA
KE-55
GUGUS 03 DESA PANDEAN KECAMATAN
KARANGANYAR
TAHUN 2016
NO
|
KOMPETENSI DASAR/
MATERI KEGIATAN
|
PELAKSANAAN KEGIATAN
|
ALAT KEGIATAN
|
PENILAIAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
|
A
|
Kemampuan memiliki Iman dan Taqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa
|
|||||
1
|
Meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang
Maha Esa
|
Hafal bacaan pokok dalam ibadah
|
Kartu undian judul bacaan ibadah yang
sesuai
Islam
1. Syahadat
2. Rukun iman
3. Rukun Islam
4. Bacaan niat Wudlu
5. Surat A1-Fatikah
6. Bacaan surat pendek A1-Ashr
7. Bacaan surat pendek Al-lkhlas
8. Bacaan surat pendek An-Nas
9. Bacaan surat pendek A1-Falaq
|
- Hafal dan lancar
10
- Hafal tidak lancar
5
- Tidak
berbunyi 0
|
Wide Game
|
|
B
|
Kemampuan menunjukkan sikap kuat mental,
emosional, tinggi moral, kepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur
|
Sesudah
Upacara Pembukaan
|
||||
2
|
Bersaudara, setia kawan/ permainan besar
siaga
|
Peserta perorangan mencari 8 orang teman lain barung, lain
Gugusdepan waktu 1 menit
|
Alat : warna, huruf, gambar, dsb disesuaikan kemamapuan
|
Anggota barung yang berbentuk barisan selanjutnya melaporkan
pada petugas
|
||
3
|
Yel-yel
|
Setiap Barung dipanggil secara bergiliran untuk menampilkan
Yell-yell dihadapan para peserta perkemahan
|
Masing-masing barung memeragakan Yell-yell sesuai
latihan/tidak diundi
Waktu maksimal 5 menit oleh 8 anak
|
Isi Yel
Penampilan
Kekompakan
Menarik menyenangkan
Nilai Maksimal
|
20-25
20-25
20-25
20-25
100
|
KEGIATAN I
|
5
|
Kepribadian (1)
|
Pengamatan kerapian berpakaian peserta barung
|
Seragam yang dipakai sesuai keputusan kwartir nasional No. 174
Tahun 2012, kelengkapan tanda lengkap dan benar (satu Regu)
|
Nilai :
1. Topi dan tandanya
2. Baju benar
3. Rok / celana
4. Sepatu hitam /Kaus kaki hitam
5. Setangan leher
6. Tanda pelantikan
7. Pandu dunia
8. TKU dan tanda barung
9. Badge Jateng /Lokasi
10. Nama
Nilai maksimal
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
40
|
Wide Game
|
6
|
Kepribadian (2)
|
Memasangkan atribut seragam pramuka
1. Tanda Pelantikan
2. Pandu Dunia
3. Badge Jateng
4. TKU
5. Lokasi
|
Disiapkan 5 alat peraga/pakaian seragam pramuka dan atributnya
Praktik meletakkan tanda-tanda pramuka yang benar dengan
diberi waktu (4 anak)
|
Kebenaran pemasangan setiap anak, nilai
Nilai Maksimal
|
10
40
|
Wide Game
|
C
|
Kemampuan berusaha meningkatkan
pengetahuan dan kecerdasan
|
|||||
7
|
Pengetahuan Umum dan Kepramukaan
|
Anak mengambil tulisan-tulisan nama orang. selanjutnya mengambil tulisan-tulisan Jabatan. Selanjutnya di jodohkan sesuai dengan hubungan antara dua tulisan,
setelah tulisan berjodoh, diletakkan pada tempat yang disediakan untuk
dinilai Juri.
|
- Disiapkan
7 soal, dan menjodohkan tulisan.
Tulisan yang harus diambil
Bapak Pandu Dunia
3. Bapak Presiden Republik Indonesia
4. Menteri Pendidikan
5. Gubernur Jawa Timur
6. Bupati Ngawi
7. Camat Karanganyar dan Kepala Desa Pandean
|
Setiap jawaban anak
Benar nilai
Nilai maksimal
|
10
80
|
Wide Game
|
8
|
Kecerdasan
|
|||||
- Pengelihatan dan
Ingatan
|
Dilaksanakan oleh 8 anak melihat 20 nama hewan/bunga
selama 15 detik dan menulis di lembar jawab yang sudah disediakan dalam
waktu 1 menit hewan/bunga/buah yang diingat
|
Kertas karton ukuran 30X30 cm ditempel 20 jenis
buah/bunga/hewan
Kertas
karton ukuran 30 x 30 cm di tempel 20 jenis tulisan buah / bunga / hewan /
serangga
a. Buah
c. Serangga
1. Durian 1. Nyamuk
2. Pepaya
2. Lebah
3. Apel
3. Lalat
4. Pisang
4. Kecoa
5. Jambu
5. Capung
b. Bunga
d. Hewan
1. Anggrek
1. Badak
2. Mawar
2. Kera
3. Bougenfil
3. Gajah
4. Melati
4. Buaya
5. Kanthil
5. Kucing
|
20 jawaban benar
nilai x 4
Nilai Maksimal
|
80
80
|
Wide Game
|
|
D
|
Kemampuan berusaha meningkatkan
ketrampilan, ketangkasan dan olahraga
|
|||||
9
|
Keterampilan
|
|||||
a. Tali dan Ikatan
|
4 anak praktik membuat ikatan dan tali masing-masing
mengerjakan satu jenis tugas
1. Simpul Mati
2. Simpul Pangkal
3. Simpul Inggris / Kembar
4. Simpul Anyam
5. Simpul Jangkar
|
Tongkat/benda lain,
tali pramuka secukupnya
|
Setiap jawaban anak benar nilai
Nilai maksimal
|
10
40
|
Wide Game
|
|
10
|
- Kereta Bola Basket
|
Bola plastik diapit punggung
dan perut, kedua tangan kesamping, yang paling belakang kedua tangan memegang
bola diatas kepala, berjalan dengan jarak 5 m, dan 1.5 m sebelum keranjang
basket, bola yang paling belakang di serahkan kepada peserta didepannya
melalui atas kepala secara berantai, peserta yang paling depan memasukan bola
ke ring basket dengan cara dilempar.
Bola masuk semua dan bola
yang diapit tidak jatuh nilai 100.
|
1.5 m
1.5 m
5 m
Alat : Ring Basket diameter 30 cm, tinggi tiang ring
1.5 m, bola palstik 8 buah, ukuran bola 12 ( bola sedang )
|
Penilaian :
- Jalan 5 m bola tidak jatuh nilai
- Bola Jatuh 1 ( - 5 )
2 ( -10 )
3 ( -15 )
4 atau + 4
( 0 )
- Bola masuk 8 x 10
Nilai maksimal
|
20
80
100
|
KEGIATAN I
|
11
|
Pentas Seni Budaya (gerak dan
lagu)
|
a. Peserta menampilkan gerak dan lagu (iringan lagu daerah)
b. Jenis penampilan bebas
c. Peralatan bebas disiapkan peserta
Waktu maks 7 menit
|
a. Lirik lagu disiapkan peserta, boleh dari Yahda atau Bunda
b. Pakaian: Seragam Pramuka
c. Sepatu/ topi boleh dilepas
d. Boleh memakai asesoris
|
Penilaian:
• Kekompakan
• Kreatifitas
• Penampilan
• Harmonisasi
Nilai maksimal
|
15-20
15-20
15-20
15-20
80
|
KEGIATAN II
|
13.
|
Patriotisme, Disiplin Pribadi dan Kepemimpinan
berupaBaris Berbaris
Yuri 3 Orang
|
a. Peserta 8 anak / Barung
b. Pemberi
aba-aba tidak
harus
Pemimpin
Barung
c. Materi gerakan di tempat
gerakan
jalan terbatas
dan berjalan
|
* Gerakan Di tempat :
a) Istirahat di
tempat
b) Siap
c) Lencang kanan
d) Berhitung
e) Jalan di tempat
* Gerakan jalan terbatas
a) 3 langkah kekanan
b) 3 langkah kekiri
c) 3 langkah kedepan
d) 3 kangkah kebelakang
*) BERHITUNG aba-abanya HITUNG - MULAI
|
KEGIATAN I
|