Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh LK Catatan Hasil Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Sebagai Bahan Laporan Pengajar Praktik

 

Salah satu kegiatan pendidikan guru penggerak (PGP) adalah Lokakarya. Setelah penetapan calon guru pengegrak dan pengajar praktik pendidikan guru penggerak dilakukan Lokakarya Orientasi. Lokakarya Orientasi dilaksanakan pada Waktu Minggu pertama dengan mengusung Pemahaman bermakna sebagai Proses belajar di Pendidikan Guru Penggerak merupakan perjalanan pengembangan kompetensi dan dilakukan dengan melibatkan ekosistem sekolah dengan Produk yang dihasilkan diantaranya Kesepakatan Peran CGP dan Kepala Sekolah, Peta posisi diri dan Rencana Pengembangan Kompetensi CGP.

Contoh LK Catatan Hasil Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Sebagai Bahan Laporan Pengajar Praktik

Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pengajar praktik setelah likakarya orientasi adalah mengisi LK Catatan Hasil Lokakarya. Pada tagihan ini pengajar praktik menuliskan catatan hasil lokakarya yang memuat:

  • Peserta 
  • Aktivitas pembelajaran
  • Produk yang dihasilkan
  • Ketercapaian tujuan belajar
  • Kesimpulan dan Refleksi pembelajaran
  • Catatan Hasil Lokakarya

Berikut ini admin www.mariyadi.com membagikan Contoh LK Catatan Hasil Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Sebagai Bahan Laporan Pengajar Praktik dari dokumentasi pendidikan guru pengegrak angkatan 11 kabupaten Ngawi provinsi Jawa Timur.

CATATAN HASIL LOKAKARYA ORIENTASI PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 11 TAHAP 1 KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR 

Oleh : Mariyadi, S.Pd (Pengajar Praktik)

Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila yang dimaksud adalah peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri.

1. Peserta

Peserta PGP Angkatan 11 reguler Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur yang menjadi sasaran Lokakarya Orientasi tahap 1 berjumlah 59 Calon Guru Penggerak (CGP), 10 Pengajar Praktik (PP), 58 Kepala Sekolah, 3 Pengawas Sekolah (Pengawas SD, SMP, SMA dan SMK) dan 5 orang dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi sebagai Panitia Lokal dan Pengjab serta 3 orang dari BBGP. Total keseluruhan peserta lokakarya orientasi dari Kabupaten Ngawi tahap 1 berjumlah 138 orang.

2. Aktivitas Pembelajaran

Lokakarya Orientasi PGP angkatan 11 dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2024 di SMK Negeri 1 Ngawi, JI. Teuku Umar No.10, Kluncing, Ketanggi, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur. Kegiatan lokakarya orientasi diawali dengan registrasi peserta pukul 07.30 WIB kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan oleh bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi pada pukul 08.00. Setelah selesai seremonial pembukaan, pembelajaran dilakukan secara klasikal menjadi 4 kelas yang terdiri dari kelas Kab. Ngawi 1, kelas Kab. Ngawi 2, kelas Kab. Ngawi 3 dan kelas Kab. Ngawi 4. Kegiatan lokakarya orientasi Pendidikan guru penggerak Angkatan 11 tahap 1 kabupaten Ngawi berjalan dengan lancar, penutupan acara dilakukan pada pukul 16.00 WIB. Dengan jadwal kegiatan terlampir.

Jadwal Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Ngawi



Aktivitas lokakarya orientasi mencakup Pembukaan, perkenalan diri, penyampaian tujuan belajar, kesepakatan kelas, memetakan harapan dan kekhawatiran dari masing-masing CGP dan Kepala Sekolah, pengenalan profil Pelajar Pancasila, Perjalanan guru Penggerak, Posisi Diri serta pengenalan Portofolio digital dan ditutup dengan refleksi.

Di Sela-sela kegiatan, para CGP mengerjakan Lembar Kerja yang diberikan oleh kami Pengajar Praktik. Suasana semakin mencair ketika para CGP membacakan Harapan dan kekhawatiran serta strategi yang akan dilakukan ketika mengikuti dan menjalani Program pendidikan Guru Penggerak selama 6 bulan kedepan .

Selama kegiatan berlangsung, ada Lembar Kerja yang telah dikerjakan oleh para CGP sebanyak 5 LK dan mampu berkolaborasi dan diskusi hangat bersama para kepala Sekolah masing-masing.

3. Produk yang dihasilkan

Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 11 mempunyai tujuan :

  • Calon Guru Penggerak (CGP) memahami program Pendidikan Guru Penggerak (alur, peran tim pendukung, kompetensi lulusan);
  • CGP mengidentifikasi posisi diri pada Kompetensi Guru Penggerak;
  • CGP dapat membuat rencana pengembangan kompetensi diri Guru Penggerak, berikut dukungan yang diperlukan, dan tantangan yang mungkin terjadi;
  • CGP memahami pentingnya membuat portofolio, tahapan dan contoh portofolio sebagai bagian dari pengembangan kompetensi.

Kesepakatan kelas dilakukan secara demokratis dengan masing-masing CGP dan kepala sekolah pendamping menuliskan kesepakatan kelas dan puji Tuhan kesepakatan kelas berlangsung dengan satu kesepakatan yang terdiri dari :

  • Berdoa sebelum dan sesudah belajar
  • Izin saat akan keluar kelas
  • Izin saat akan bertanya dengan angkat tangan
  • Menjaga kebersihan kelas
  • Fokus pada tujuan pembelajaran
  • Disiplin absen
  • Datang tepat waktu
  • Saling menghargai dan menghormati
  • Memberi Apresiasi
  • Berpakaian rapi
  • HP di silent, dan izin jika ada yang menelpon.

Selanjutnya kami menulis harapan dan kekhawatiran pada proses Program Pendidikan Guru Penggerak dan tulisan itu di rekam sebagai catatan oleh Pengajar Praktik. Materi perjalanan calon Guru penggerak, posisi diri, rencana pengembangan diri hingga pengenalan portofolio digital sampai diakhiri dengan refleksi dan penutup dari para pengajar praktik dan CGP.

4. Ketercapaian Tujuan

Alhamdulillah pada kegiatan Lokakarya Orientasi ini, seluruh tujuan belajar dapat tercapai dengan baik dan lancar, Para CGP dan Kepala Sekolah pun sangat menikmati proses kegiatan dari awal hingga selesai.

5. Kesimpulan dan Refleksi

Sebagai refleksi dari kegiatan lokakarya orientasi yang telah dilaksanakan ini, banyak manfaat dan pelajaran yang dapat dibagikan oleh para CGP serta berbagi motivasi yang dapat menunjang semangat CGP selama 6 bulan kedepan. para CGP sangat senang karena dapat saling berkolaborasi antara satu dengan yang lainnya dan banyak menambah pengetahuan mereka lagi.

DOKUMENTASI KEGIATAN


Selengkapnya untuk download file Contoh LK Catatan Hasil Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Sebagai Bahan Laporan Pengajar Praktik silakan klik tautan dibawah ini:

Download Contoh LK Catatan Hasil Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Sebagai Bahan Laporan Pengajar Praktik


catatan hasil lokakarya 1
contoh laporan lokakarya orientasi
catatan hasil lokakarya 0
contoh laporan lokakarya orientasi guru penggerak
contoh laporan lokakarya orientasi daring
catatan hasil lokakarya 4
catatan hasil lokakarya 2
catatan hasil lokakarya 6